PENCARIAN JAMU GEMUK SEHAT

Awalnya hari ini cuman mau nyariin oleh-oleh jamu untuk menggemukkan badan (jangan lihat badan saya, ini jamu untuk teman saya yang kalau kena angin kumbang, mungkin ikut terbang juga kayak kardus indomie isi 40 bungkus ketiup angin, saking ringannya), tapi akhirnya jadi melanglang buana keliling kota Cheeribon (sebutan Cirebon waktu walikotanya masih wong Londho).

TKP 1 : Pusat oleh-oleh khas Cheeribon “Pangestu”

Di sini juga saya cuman mau nyariin ikan asin jambal roti buah tangan untuk teman saya yang kayak kardus indomie isi 40 bungkus tadi. Yakin banget ini ikan asin pasti buat menambah selera makan dia yang kayak putri Indonesia (jaman jura).  Yee…pegimana mau gemuk.  Sambil nyari-nyari oleh-oleh khas Cheeribon yang lain, iseng-iseng saya tanya mbak penjaga yang manis tentang jamu yang konon manjur buat nggemukin badan. Penjaga yang sedari tadi dengan sabar dan ramah ngebantuin nyariin oleh-oleh langsung ngelihat badan saya dari ujung kepala sampai ujung kaki, sambil mikir. Berapa detik kemudian dia mengarahkan saya ke jejeran botol jamu PELANGSING BADAN, dia bilang “mbak, kayaknya sih mbak mendingan beli jamu ini aja, kalo saya jadi mbak mungkin saya olah raga dikit aja biar tambah sexy, segitu udah sexy kok mbak (hhyaeyalaa...h). Trus saya bilang, nggak buat saya mbak, jamunya buat temen cowok saya. “Ohhh..saya pikir suaminya mbak sukanya ama yang gemuk-gemuk gitu, biar gak usah beli kasur lagi”. Hhaha…dari tadi kek becandanya biar udara panas jadi rada adem dikit. Anyway (actually plakkk!…ketampar banget deh gue), setelah suasana agak akrab dikit, si mbak yang baik hati tadi langsung nyerocos nasehatin saya untuk urusan gizi. Plus dengan berbaik hati pula dia ngecek kode produksi tiap oleh-oleh yang saya pilih. Selesai urusan di TKP 1.

TKP 2 : Lapak sepanjang kali Sukalila

Kali sukalila ini dulunya keren kata ibu saya. Dulu waktu dia SD, kali ini layaknya canal seperti di Venecia. Jaman Belanda masih bercokol di Cheeribon, sungai ini salah satu tempat rekreasi londho londho itu. Airnya jernih mengalir sampai laut. Dan di sepanjang kali terdapat pohon-pohon flamboyant yang ranting dan bunganya berjuntai menyentuh perairan kali, kalau cuaca sedang bagus, banyak orang sewa perahu sampan (macam gondola di Venecia) untuk menyusuri kali sampai ke muara laut, ahhh…indahnya, pikir saya, lalu pandangan saya tersapu ke arah kali, hmpft…bau comberan busuk dan hitam airnya. Untung sepanjang kali ini ditutupi lapak-lapak menarik  yang jenisnya cuma ada tiga saja di sana. Kalo nggak tukang pangkas rambut, lapak sandal-sandal import RRC, satu lagi lapak yang jual lukisan kaca khas Cheeribon dan lukisan-lukisan  murah lainnya. Pengen rasanya nyobain mangkas rambut di sana, tapi takut keluar dengan rambut ala David Beckham, karena sepanjang jalan itu poster di dalam lapak pangkas rambut isinya rata-rata pemain sepak bola.

Ternyata lukisan kaca itu adalah signature product-nya Cheeribon (yeee…kemane aje lu). Saya sempat tanya di sepanjang jalan itu siapa maestro pelukis kaca di jajaran jalan itu, salah satu pedagang lapak menunjuk satu kios. Sambil berjalan kearah kios si maestro itu otak dagang saya mulai menghitung untung, kalau bisa bawa selusin lukisan kaca yang harga 50 rebuan, saya mungkin bisa jual 500 rebu, wah, bisa tajir deh bulan ini.

Saya tiba-tiba berhenti di satu lapak karena terspesona dengan bapak-bapak yang suara ngoroknya stereo banget, saya pikir dia ngorok sambil megang mic (jangan salah lho ada lapak karaoke di sebrang jalan dengan tariff Rp 15.000 per lagu, dapet minuman, sayangnya saya gak lagi stress, kalo stress saya mau banget nyobain karaoke di lapak itu, kali-kali ada yang nyawer buat ongkos pulang ke Bali).  Ternyata bapak yang ngoroknya stereo itu adalah maestro di jalan itu. Tadi maunya saya foto, tapi saya punya prinsip kalo mau foto orang, saya kan harus minta ijin dulu, tapi kan gak lucu ngebangunin orang yang ngoroknya sesuatu banget gitu. Saya mau pasang mode “micro” pas banget di mulutnya yang hampir meneteskan air liur, tapi kan gak sopan ya. Akhirnya saya urung niat. Lagian memang Tuhan gak ngasih saya berbuat kurang ajar dengan sang maestro,  ternyata kamera poket saya kehabisan baterai. Akhirnya, saya cuman bisa lihat-liihat lapak lukiasn kacanya yang memang sesuatu banget itu. Sambil tepok jidat, waduh hampir aja saya rugi mau beli selosin, ternyata satu lukisan harganya minimal 800 rebu.  Untung si maestro ngorok, saya kan gak jadi malu. Niat busuk nyari untung terlalu banyak memang haram hukumnya kalau ketauan.

Langkah menjauh kearah lapak di sampingnya, saya perhatikan dari tadi lukisan kaca Cheeribon didominasi dengan lukisan macan atau singa (gak jelas bedanya) yang dibentuk dari huruf Arab. Bacaan kalimat Syahadat (kalimat yang dibaca ketika seseorang hendak masuk agama Islam). Ternyata gambar ini adalah symbol kerajaan (kesultanan) di Cheeribon. Ada hubungannya dengan penyebaran agama Islam di Cheeribon oleh Wali Sanga. Melipir sedikit ke gambar sebelahnya ada banyak gambar Wali Sanga dan para Syekh yang dianggap berjasa menyebarkan agama Islam di Cheeribon. Tapi lucunya dari lapak satu dan lapak lainnya, semua poster wali sanga, ke sembilan sembilannya, gak ada yang sama. Maksudnya walaupun sama-sama gambar Sunan Gunung Jati, kalau dijejerin dua lukisan Sunan Gunung Jati, saya bisa langsung kasih tanda sepuluh, bahkan tiga puluh perbedaan (kayak game, spot the difference gitu deh). Dengan kata lain, judulnya sama-sama Sunan Gunung Jati tapi yakin banget itu dua orang yang berbeda. Jadi jangan percaya gambar. Kalau pelukis lapak di kali Sukalila disuruh ngegambar teroris yang ngebom Bali, pasti yang digambar mirip-mirip para sunan juga, yang notabene mukanya Arab semua (padahal yah, gak semua Sunan itu orang Arab, pssstt...para Sunan itu rata-rata asli Tiongkok) Kasian orang-orang di kampung Arab di Cheeribon bisa jadi tersangka semua.

Lanjut lagi ke gambar unik lainnya. Saya lihat ada satu gambar yang sekilas isinya mirip rentetan pas foto orang-orang Arab. Jumlahnya ada 99 pas foto. Saya pikir ini mungkin data statistik orang-orang yang tinggal di kampong Arab di Cheeribon, ternyata bukan. Lagian cuma ada 99 foto, gak mungkin kali ya sesedikit itu. Baru nyadar ternyata logika berfikir saya gak canggih-canggih amat di sini. Ternyata foto itu adalah foto para Habib, saya sempet nanya, arti Habib itu apa sama yang jual lapak. Katanya “Habib itu…ya Habib” (yee..gak jelas deh si abang). Akhirnya saya harus sok pinter lagi.  Kalau sepengetahuan bahasa Arab saya yang limited edition sih, Habib itu artinya kekasih (Allah). Mungkin ini utusan Tuhan kali ya. Diantara muka-muka Arab itu saya melihat beberapa muka yang bukan Arab. Meraka adalah para Habib (udah gak usah penasaran apa arti Habib, mending nurut aja apa kata pedagang lapaknya, Habib itu  artinya ya Habib aja) dari Palembang. Jadi ternyata ada Habib Bogor, Habib Mekkah, Habib Betawi. Yang absen (mungkin gak ngikut reunian ato males foto bareng) cuman Habib Cheeribon aja, mungkin kurang eksis.  Nah si Habib Palembang ini jelas adalah orang yang berjasa menyebarkan agama Islam di Palembang lah pastinya (nah tu pinter). Mukanya ya muka muka Cina Palembang gitu.  Saya langsung inget silsilah keluarga saya. Konon kata bibi saya (yang mukanya mirip encim-encim banget), keluarga dari pihak ayah saya memang keturunan saudagar Cina dari Palembang.  Kalo menurut teori “kaya itu cuman tujuh turunan” pastinya saya keturunan ke delapan. Kalau ada teori darah Cina itu cuma tujuh turunan, saya juga pasti keturunan ke delapan, akhirnya ya gak jadi Cina. Melirik lagi ke gambar pas foto habib dari Palembang sambil berdiri menatap lebih dekat (hampir jatuh terjerembap saking dekatnya jarak moncong saya dengan gambar Habib), saya berharap ada sedikit kemiripan antara Habib Palembang dan kakek saya, atau bapak saya, atau siapa lah di keluarga saya. Jadi saya punya alasan untuk beli itu gambar Habib sebagai bukti otentik kalau keluarga saya keturunan orang penting.

TKP 3 : Mesjid Merah yang didirikan tahun 1400an

Hehe, seumur-umur tinggal di Cheeribon, baru sekali ini punya niatan masuk Mesjid Merah. Saya keliling kota nyewa taxi argo, dalam perjalanan ke mesjid merah saya tanya sama supir taxi (yang cukup reliable untuk ditanya-tanya mengenai pusat atraksi di kota ini):

Saya :  “pak kalo mau masuk mesjid merah itu harus pake baju tertutup semua ya, saya kan pake lengan kutung dan celana pendek, nanti dikasih masuk gak ya”.

Supir : “Wah neng, kenapa gak siapin celana panjang aja tadi, kayaknya sih harus tertutup deh”.

Saya : “Hm…gimana kalo ntar sebelum masuk mesjid saya beli mukenah dulu kali ya, baru saya jalan-jalan foto-foto.”
Mukenah itu seragam sholat/sembahyang wanita Muslim-warnanya umumnya putih bersih, kalau dipakai berasa bidadari.

Supir : “Hehe..jangan neng, ntar dikira pocong (iihh..kok pocong sih, perasaan saya sih berasa bidadari) siang-siang bolong, mending nanya aja ama penjaganya dulu, trus ngaku turis dari Filipina aja”.

Pinter juga si abang ini, akhirnya sampailah kami di depan masjid Merah. Baru saja turun dari kendaraan udah langsung disambut sama ibu-ibu yang antusias banget mau nunjukin masjid Merah. Ternyata boleh banget foto-foto keliling mesjid merah dengan celana pendek, asal gak masuk ke batas sucinya. Plus saya ngaku-ngaku wartawan majalah pariwisata dari Bali. Cuman modal kamera poket aja langsung disambut hangat. Wew..ternyata yang penting kita ngasih fulus sama dia. Hmpfftt...

Ternyata mesjid merah ini terdiri dari 2 ruangan. Ada satu ruangan yang cuma dibuka untuk umum kalau lebaran saja, jadi cuma setahun sekali dibuka untuk umum. Anehnya di Cheeribon ini, di beberapa mesjid yang umurnya cukup tua, di dalamnya juga terdapat kuburan. Termasuk di mesjid merah ini, terdapat kuburan Syekh Abdurrahman, pendiri mesjid ini di abad ke-15. Udah 700 tahun umur kuburannya, betul gak tuh? malas ngitung soalnya. Berharap dengan melototin kuburannya dapet jodoh ato ngeliat apa gitu, tapi mata udah sepet gak ngeliat apa-apa. Otak mesum, body bokep, muka porno (dusta!) kaya saya memang gak guna sih kalo mau nyari jodoh semodel  vokalis LinkinPark walaupun melototin kuburan ini 40 hari 40 malam. Kali yang bersemayam di kuburan mikirnya ini cewek otak klenik, body malam Jum’at, muka horror (pitnah keji!) berani-berani minta jodoh di tempat sakral kayak gini.

Bangunan mesjid merah ini cukup unik, karena arsitekturnya masih sangat Hindu, layaknya pura di Bali. Di sekeliling temboknya tertanam piring-piring keramik dengan motif floral ala keramik Cina.  Saya sampai sekarang masih penasaran kenapa bangunan keraton di Cheeribon dan bangunan mesjid tua di Cheeribon senang sekali menempelkan piring keramik di dinding. Apa mungkin dulunya yang dikasih tender bikin bangunan alih-alih pemborong (developer) malah pemilik warung/ restoran yang dikasih kerjaan ya (lagi-lagi analisa sembarangan dari  penalaran otak  versi limited edition saya). Tapi nanti kalau saya ke Cheeribon lagi, saya harus dapat alasan kenapa itu piring-piring nempel di tembok. Malu kalau ketemu orang dari BBC nanya sejarah piring nempel di tembok tapi saya gak punya penjelasan apa-apa (pede amat networknya sampai ke sana).

TKP 4 : Kampung Arab Panjunan

Lokasinya dekat sekali dengan Mesjid Merah tadi. Yang unik dari tempat ini adalah bangunan-bangunannya tua, cantik, jalannya tidak terlalu lebar (mengingatkan saya akan Kyoto), jarak antara bangunan satu dan lainnya dekat. Orang Panjuan ini biasanya punya toko yang menjual barang-barang khas Arab (sayangnya di sana gak ada yang jual onta aja), seperti celak (eye liner bubuk hitam), henna (bukan anjing dubuk yang ketawanya kaya crack addict, tapi pewarna rambut alami dari herbal), perangkat ibadah, parfum, penumbuh bulu (ini pasti orang-orang di kampung Cina yang pesen, karena ngiri lihat kumis jenggot dan rambut orang Arab yang lebat), jamu gemuk sehat (nah saya beli jamu buat temen saya di TKP 4 ini), obat kuat tangkur buaya (lho dari religious kok turun ke selangkangan?), obat anti impotensi, encok pegel linu (sempet mau beli juga mengingat faktor usia, lumayan buat stock), dan barang barang lain yang asing namanya ditelinga saya.

Rasanya seperti menemukan dunia lain di sana. Sembari rajin menanyakan obat gemuk sehat ke setiap toko, saya juga rajin jelalatan melihat ke setiap meja kasir, siapa tau ada Arab ganteng yang punya toko mirip Shahrukh Khan (biarin maksa, Arab-India gak jauh beda buat yang belum pernah ke Arab dan India). Akhirnya saya nemu satu toko, kasirnya lumayan ganteng. Saya pun menclok di situ. Tapi saya jadi lupa mau nanya obat gemuk sehat karena yang dijual di toko itu barangnya lebih ajaib lagi.

Barang ajaib no. 1,

Bentuknya seperti bungkusan papier (kertas pembungkus rokok) tapi gambar depannya penuh dengan tulisan Arab (gak usah heran dulu, kalo pake tulisan Cina, baru boleh heran). Lantas saya tanya itu barang apa, yang jaga toko jawab itu isim.


Saya: Isim bahasa Cheeribon ya? 

Mas-mas penjaga toko: Bukan isim itu bahasa Arab.

Saya: Isim itu buat apa, isinya kayak gimana?

Mas-mas penjaga toko: Ya itu buat jimat gitu, di dalamnya nanti ditulisin huruf Arab sesuai dengan keinginan sang empunya jimat.

Heh? Menarik nih! Lanjut penjaga toko “kalo mau diisi jimat kebal peluru bisa, jimat kebal golok bisa”. Saya memotong, kalo jimat kebal miskin harganya berapa ya? Si mas penjaga langsung ngeloyor males. Dia betul-betul gagal memahami kalau pertanyaan tadi itu sungguh-sungguh.

Barang ajaib no. 2

Seperti menemukan teori pitagoras saya berjingkrak kegirangan, ini tempat bener-bener ajaib amat! Kirain cuma bakal nemu tangkur buaya aja (obat kuat untuk buaya jantan  harusnya, tapi gak tau kenapa yang pake tangkur buaya kok manusia, padahal tangkur buaya itu kecil lho – yang gak tau tangkur buaya kasian deh loe).

Barang ajaib selanjutnya bentuknya seperti telur, tapi telur yang sudah menjadi fosil, di cangkangnya terukir tulisan Arab lagi (kan masih kampong Arab judulnya), ini telur katanya untuk menangkap penyakit dari guna-guna, jin atau dedemit pengganggu lainnya. Idih, kalo saya beli ini telur, kira-kira diantara teman-teman saya, siapa ya yang bakalan mingslep (bahasa Cheeribon untuk masuk seketika) ke dalam telur ini. Ini telur horror namanya. Saya tidak jadi mengkoleksi telur ini, khawatir temen-teman saya menghilang satu persatu masuk ke dalam telur ini. Peace (smile emoticon).

Barang ajaib no 3.

Lho! Ini nyampur sama toko material segala ya kayaknya, karena saya lihat ada sekotak paku, ada yang warna hitam seperti paku beton, ada yang warna emas, ada yang besar panjang (aww..!) yang paling kecil mungkin ukurannya 7cm (turut berduka cita). Tapi lagi-lagi disekeliling paku itu terukir huruf Arab. Pak! (seperti anak SD yang penasaran dalam mata pelajaran seksologi) Kok paku ini juga ada huruf Arabnya ya? Jangan bilang ini paku untuk nangkep kuntilanak! Si bapak kasir langsung menjawab MEMANG IYA! Gubrak!! Saya langsung mengeluarkan kamera poket untuk mendokumentasikan paku-paku ajaib tersebut. Penasara mau lihat? Wani piro?

Barang ajaib no 4

Next:  adalah minyak wangi, ada yang botol besar, ada yang botol kecil, gambar depannya putri duyung (sayang gambar payudara putri duyungnya ketutupan rambut, padahal udah mau heboh), judul minyak wanginya AIR MATA DUYUNG. Nah, ini wajip punya nih kayaknya. Hellooo…air mata duyung geto loh. Seketika saya buka isi kotaknya dengan tidak sabar sambil berupaya mendendus ngendus baunya, hm, disegel. Pak! Boleh dibuka gak segelnya saya mau coba cium baunya. “Eh, mbak, gak boleh dicium itu minyak wanginya” kata si Arab ganteng yang jaga kasir. Ih...pelit amat sih, kan cuma nyium aja gak bakal berkurang minyaknya. Apa hidung gue yang besar kayak jambu ini boros banget kali ya bisa ngabisin minyak wangi sekali ngendus.

Lanjut si ganteng “Itu bahaya kalo dicium sendiri, minyak itu khusus untuk diteteskan ke bunga aja”. Oh?? ke bunga? “Iya, itu untuk diteteskan ke bunga kalau mau ritual mandi kembang tengah malam”. Ha?? Serius Pak?? Ini untuk ritual mandi kembang tengah malam?? (lha, kirain judul lagu dangdut yang dulu sering diputar di angkot trayek rumah-SMA ku cuma mengada ada). Fungsinya untuk membuka aura biar enteng jodoh katanya. Untung sepupu saya (saya panggil dia engkoh sedeng – sedeng dalam bahasa Cheeribon artinya gila), gak ada di sana, kalau ada di sana dia pasti udah ngakak abis dan langsung ngeborong itu minyak wangi buat saya, soalnya cuma dia yang paling prihatin dengan aura perjodohan saya. Ini toko jadi tambah menarik perhatian saya, karena itu minyak wangi untuk membuka aura perjodohan kok harganya cuma sepuluh rebu perak sajah. Sebotol kecil ukuran 25ml. Kalo buat saya ukuran segini cukup, aura saya gak gelap-gelap amat kok untuk urusan perjodohan (baca lelaki, ehm…). Ada lagi yang botol ukuran besar sebesar botol kecap, saya langsung ngakak. Ini yang beli seukuran botol kecap pasti yang kayak…hihihi..ah gelap banget deh pokoknya. Saya beli minyak wangi ukuran 25 ml AIR MATA DUYUNG dengan alat tukar sah sebesar 10 rebu perak sebagai bagian dari oleh-oleh tak terpisahkan dari Cheeribon untuk teman saya tercinta pemesan jamu gemuk sehat dan ikan asin jambal roti (ya itu tadi yang mirip kardus Indomie isi 40 bungkus).

Barang ajaib no 5

Ini barang ajaib yang tak akan terlupakan oleh saya. Si bapak kasir bilang, sebenarnya ada barang lain yang lebih mantap dari AIR MATA DUYUNG tadi.

Saya :Apaan tuh pak?

Kasir:  Tapi ada syaratnya. HARUS DUA.

Saya: Heh? Maksudnya?

Kasir: Ya, harus dua, satu di sini, satu di sana.

Saya: Masih nggak ngeh juga. Maksudnya?? 

Kasir : Biasanya yang minta ini laki-laki, yang mau melet (HA??) dua perempuan sekaligus.

Saya: Wah! Saya tau siapa yang beli beginian! PNS kan?? (lirik kanan-kiri ada PNS gak ya deket-deket sini) biar istrinya setuju dia nikah lagi! Huh! Eh, tapi pak, kenapa harus dua? Kalau cuma mau satu aja?

Kasir : kalo beli satu dapet dua kan untung mbak?

Karena semakin menarik  akhirnya saya minta ditunjukkan si barang ajaib no.5 itu. Barangnya dibungkus plastik layaknya resep obat dari apotik, bentuknya seperti ampul gelas kecil, berisi cairan berwarna merah. Di dalamnya juga berisi kertas bertuliskan huruf you know what dan benda ajaib no 1. Plus anjuran pemakaian dan kegunaan. Di situ tertulis, ibu hamil dan menyusui (boong ding), ehm..tertulis, minyak ini berisi buluh perindu sebagai pengasihan/pelet bagi pria atau wanita agar enteng jodoh, dapat memikat lawan jenis (hoahm...boring), memelihara PIL dan WIL agar langgeng (mampus aje lu) dan bla..bla..bla.(sumpah gak tega ngelanjutin bacanya, jangan sampai dibaca orang jelek dengan niat buruk). Aduh sayang sekali tidak terdokumentasikan. Yang jelas tulisannya cukup horror karena saya membayangkan kalau ada orang seperti David Beckham mengguna gunai saya dengan minyak ini, paling tidak saya tahu David Beckham pernah mampir ke Panjunan. Dia benar-benar bukan selera saya. Gak banget deh pokoknya. 

Melihat keingin tahuan saya, sang kasir lalu melancarkan aksi marketingnya. Gimana mbak? Mau?

Saya : eh..hehe…emang harganya berapa pak? (sudah terbayang semua tabungan saya bakal ludes cuman untuk beli barang sekecil upil buat memelet dua pria termasyur di UK)

Kasir : Dua puluh lima ribu aja

Saya : Ha??? Dua puluh lima ribu buat melet dua cowok? Berarti satu cowok cuman 12,500 per biji (eh sepasang biji, berarti perbijinya 6,250 perak). Murah amattt!!!

Kasir : iya, mau gak? 25.000 dapet dual ho.

Saya : nyengir-nyengir kuda, bener juga pak, tapi kalau saya sih maunya satu aja pak bisa gak? (nah lho..kok jadi terbawa arus klenik)

Kasir : ya bagus itu mbak, labih fokus lagi.

Saya : eh gak  ah, rugi, kalo bisa dua kenapa harus satu. Hehe..

Kasir : ya kalo mbak kuat ya silahkan…Tapi ini barang ibaratnya nasi, belum ada lauknya (gile juga analogi si bapak kasir, canggih euy), jadi ini cuma perantara aja, tapi harus diisi doa sama kyiai sambil diamandiin kembang juga. Enak kan, kalo dapat satu di sana, satu di sini (sambil nyengir mesum berharap saya buka “cabang” Cheeribon kali) Sambil tiba-tiba ngambil botol parfum dan disemprotkan ke seluruh badannya. Nyemprotinnya dengan gaya melingkar lingkar teratur 3 kali. Melihat ini saya langsung kabur teratur, sambil buru-buru bilang

Saya : udah deh pak, saya beli ini minyak AIR MATA BUAYA aja

Kasir : AIR MATA DUYUNG mbak

To be continued….

Comments

Popular posts from this blog

Rindu Bali yang dulu

Ignorance is a bliss. Really?

Show Me The Way To Surrender